Jumat, 22 Februari 2013

Cara Mudah Menambahkan Video Pada PowerPoint


Cara Mudah Menambahkan Video Pada PowerPoint
Feb 20, 2012 by thePinkFighter Under Tips & Trik - 10 Comments  
Apakah Anda mengalami kesulitan acapkali akan mengintegrasikan video dengan bahan presentasi PowerPoint yang Anda buat? Kalau demikian adanya, tak usah Anda lekas berputus asa sekarang. Pasalnya kini ada cara praktis untuk mengintegrasikan file video yang Anda kehendaki ke dalam bahan presentasi PowerPoint Anda.
Cara mudah menambahkan video pada power point
Seperti yang diketahui bersama, pada dasarnya presentasi akan sangat menarik bila ada tambahan tampilan video di dalamnya. Adapun kesulitan yang sering ditemui sejauh ini, karena saat akan mengintegrasikan video ke dalam bahan presentasi PowerPoint biasanya akan mengharuskan Anda untuk memastikan terlebih dulu keberadaan file video yang selalu ditempatkan dalam folder yang sama dengan keberadaan file PowerPoint yang dimaksud. Dan hal ini tentunya akan menyebabkan proses distribusi pada bahan presentasi PowerPoint Anda menjadi sangat rumit dan terhambat.
Terkait permasalahan tersebut, berikut akan ditunjukkan bagaimana cara yang tepat untuk meng-embedded file video ke dalam bahan presentasi PowerPoint yang terkandung dalam file PowerPoint tunggal (PPT, PPTX, PPTM, PPTs, dll). Bagi Anda yang memang terganjal masalah tersebut, kiranya Anda dapat terapkan dan berbagi dengan sesama rekan yang ingin mengetahui cara untuk mendistribusikan secara online tanpa perlu untuk berbagi (share) file video secara terpisah dan bahkan tanpa harus mengirim file arsip zip sekalipun.
Metode singkatnya, pertama-tama Anda cukup diminta mengkonversi video Anda ke file (SWF) flash, kemudian lakukan embedded file video swf tadi ke dalam bahan presentasi PowerPoint yang Anda buat. Setelah itu, obyek flash yang di-embedded tadi akan secara otomatis disimpan dalam file PowerPoint itu sendiri, dan akan diputar sebagai video dalam bahan presentasi powerpoint Anda. Atau dengan kata lain, keberadaan video yang asli tidak perlu ditempatkan pada direktori yang sama dengan keberadaan file PowerPoint.
Untuk segala petunjuk metode yang akan diuraikan, pada dasarnya memang diperuntukkan bagi bahan presentasi yang dibuat menggunakan Microsoft PowerPoint 2007 dan 2010. Sedangkan metode yang sama juga dapat dengan mudah dilakukan pada bahan presentasi yang menggunakan Microsoft PowerPoint 2003, namun dengan antarmuka yang jelas berbeda tentunya.
Berikut adalah cara meng-embedded file video ke dalam bahan presentasi Microsoft PowerPoint Anda:
Langkah 1: download dan install tool aplikasi yang dapat mengkonversi video ke flash (SWF)
Dalam hal ini, Anda dapat mengkonversi dengan menggunakan program video konversi yang banyak beredar dipasaran baik yang freeware maupun shareware seperti Freemake Video Converter, DVDVideoSoft, Tiny Tool dan lain sebagainya.
Langkah 2: lakukan konversi video yang Anda kehendaki ke bentuk file video SWF
Lakukan cara apapun yang Anda inginkan dan lanjutkan ke langkah 3. Berikut adalah langkah demi langkah tentang bagaimana mengkonversi video ke flash. Pertama, instal aplikasi DVDVideoSoft Free Video untuk konverter Flash (pastikan untuk menghilangkan centang toolbar crapware yang tidak perlu selama proses instalasi berlangsung). Jalankan konverter, lalu: (1) Drag and drop video Anda ke antarmuka yang ada, (2) Pilih SWF, (3) hilangkan centang “Make HTML Template”, (4) pilih folder tujuan, (5) beralih ke kualitas tinggi (bersifat opsional) dan (6) klik “Convert’. Perhatikan screenshot beranotasi ke kanan.
Ingin menambahkan video di power point? Begini caranya!
Catatan: setelah file SWF terbentuk, periksa ukuran pada disk. Jika terlalu tinggi dan Anda ingin menjadikannya dalam ukuran file lebih kecil, lakukan konversi ulang dengan menggunakan pengaturan kualitas yang lebih rendah.
Langkah 3: Pada Microsoft PowerPoint, aktifkan ‘the developer tab in the ribbon’.
Tambahkan video anda pada presentasi power point
Dari bola start pada Microsoft PowerPoint, klik ‘PowerPoint Options’.
http://blog.fastncheap.com/wp-content/uploads/2012/02/video-in-powerpoint-04.jpg
Setelah itu, lakukan klik ‘Show Developer Tab in Ribbon’, maka Anda kini akan bisa melihat tab ‘Developer’ baru pada toolbar yang ada.
Langkah 4: Buat objek SWF pada Microsoft PowerPoint
Tutorial cara meanmbahkan video pada presentasi power pint
Pilih tab ‘Developer’ lalu klik ‘More Controls “.
Video power point
Setelah itu, gulir (scroll) ke bawah untuk beralih ke ‘Shockwave Flash Object’ lalu klik ‘ok’.
Cara mudah menambahkan video pada power point
Selanjutnya, buatlah gambar atau bentuk persegi panjang dengan menggunakan mouse (dengan cara ini akan menentukan ukuran video Anda).
Langkah 5: link up objek flash dengan file video SWF Flash
http://blog.fastncheap.com/wp-content/uploads/2012/02/video-in-powerpoint-08.jpg
Klik pada ‘Properties’ dalam toolbar.
http://blog.fastncheap.com/wp-content/uploads/2012/02/video-in-powerpoint-09.jpg
Saat kotak dialog muncul, temukan ‘EmbedMovie’ dan ubah nilainya menjadi ‘True’. Setelah itu, gulir (scroll) ke bawah ‘Movie’ dan lakukan paste keberadaan path file film flash yang Anda buat secara lengkap beserta dengan ekstensi file SWF-nya (sebagai contoh: “C:\Folderlocation\filename.SWF”). Selain itu, pastikan juga ‘playing’ diset ke kondisi ‘True’ (default).
Step by step cara menambahan video pada power point
Sedangkan untuk menyeting film yang diputar secara berulang-ulang, Anda dapat menyeting kontrol “Loop” menjadi True (default) atau sebaliknya ke kondisi “False”).
Langkah 6: Setelah proses embedded sukses dilakukan, maka simpanlah file bahan presentasi PowerPoint yang Anda buat tadi.
Mau tahu cara menambah video pada power point?
Untuk melihat atau mereview video flash yang Anda embedded barusan, Anda dapat melihatnya melalui tampilan slide PowerPoint yang dimaksud (atau juga bisa dengan menggunakan shortcut keyboard CTRL+F5 secara default). Dan setelah dirasa telah selesai semua, maka simpanlah file PowerPoint yang Anda buat tersebut.
Nah, bagaimana sekarang? cukup sederhana dan mudah, bukan?




Home > Tips & Trik > Cara Mudah Merubah File PDF Menjadi Buku 3 Dimensi (3D)
Cara Mudah Merubah File PDF Menjadi Buku 3 Dimensi (3D)
Sep 12, 2012 by Radit Agung Under Tips & Trik - 1 Comment  
Bosan dengan tampilan file PDF anda saat membacanya? Kini anda bisa memberikan efek 3D pada file tersebut. Membuka file PDF tampak seperti membuka buku sungguhan. Dengan menggunakan aplikasi bernama 3D PageFlip for Video yang bisa download di website resminya di http://www.3dpageflip.com/pageflip-3d-video/index.html.
http://blog.fastncheap.com/wp-content/uploads/2012/09/11.jpg
Klik Free Trial untuk mendownload aplikasi ini secara gratis. Lakukan instalasi seperti aplikasi pada umumnya, hingga selesai. Pada tampilan welcome screen, anda bisa klik Try atau membeli software ini secara online untuk mendapatkan feature yang lebih lengkap.
Meski aplikasi ini berjalan dalam mode trial, anda tetap bisa menggunakannya untuk memberikan efek 3D pada file PDF. Saat masuk aplikasi 3D PageFlip for Video, silahkan pilih tombol Import PDF yang terletak di pojok kiri atas.
http://blog.fastncheap.com/wp-content/uploads/2012/09/33.jpg
Browse file PDF yang anda simpan didalam harddisk, klik open atau double klik pada file PDF yang anda pilih. Agar kualitas 3D atau rendernya memuaskan, disarankan oleh penulis untuk memilih Pages Quality and Size pada tingkat yang tertinggi (High quality large file size).
Selanjutnya klik Import Now, dan biarkan proses konversi berjalan hingga selesai. Setelah proses konversi selesai, akan tampil artikel PDF yang telah menggunakan efek 3D. Kini anda dapat membaca file PDF layaknya membaca sebuah buku, dengan efek yang menarik saat halaman demi halaman dibuka.
http://blog.fastncheap.com/wp-content/uploads/2012/09/66.jpg
Cukup mudah bukan? Dengan tips sederhana ini anda bisa membuat file PDF menjadi berbentuk 3D sehingga terlihat lebih atraktif dibandingkan sebelumnya. Hal ini juga akan mengurangi kebosanan anda saat ingin membaca file PDF.










Home > Tips & Trik > Cara Merubah File PDF Ke Bentuk Gambar (BMP, PNG, JPG dan TIFF)
Cara Merubah File PDF Ke Bentuk Gambar (BMP, PNG, JPG dan TIFF)
Jul 18, 2011 by Fikri Under Tips & Trik - 32 Comments  
Pada artikel sebelumnya, kami pernah membahas artikel yang setopik diantaranya, cara merubah file word (dokumen) ke PDF, cara merubah file PDF ke word dan terakhir cara merubah file gambar ke format PDF. Kurang lengkap rasanya jika FastNCheap tidak membagikan artikel dengan judul cara merubah file PDF ke dalam format gambar (BMP, PNG, JPG dan TIFF).
http://blog.fastncheap.com/wp-content/uploads/2011/07/pdf-to-jpg-bmp-png-tiff.png
Berikut ini tutorial lengkap bagaimana cara merubah file PDF ke bentuk gambar.
  • Pertama, download aplikasi ImagePrinter melalui official websitenya di sini http://sourceforge.net/projects/imageprinter/
  • Setelah proses download selesai, segera install file tersebut di komputer anda. Tunggu samapi proses install selesai.
  • Buka aplikasi ImagePrinter dan pilih format file gambar yang diinginkan. Anda bisa memilih antara BMP, PNG, JPG atau TIFF. Pada bagian Ouput Folder, tentukan letak folder di mana anda ingin menyimpan file gambar hasil dari ImagePrinter. Jika ingin merubah setting lainnya seperti kualitas kompress file, nama file dan pengaturan lainnya sesuai dengan keinginan anda. Setelah itu, klik tombol OK atau Apply.
    Output Folder Image Printer
  • Lanjutkan dengan membuka file PDF yang akan dirubah ke bentuk gambar menggunakan Adobe Reader, Foxit Reader, SlimPDF Reader atau aplikasi yang sejenis.
  • Setelah file PDF terbuka, klik menu File, kemudian pilih Print (Atau bisa dengan jalan cepat menekan tombol Ctrl+P pada keyboard).
    Halaman PDF yang akan di Print
  • Pada saat memilih Print, pilih ImagePrinter. Pilih  halaman yang akan dirubah ke bentuk JPG.
  • Terakhir, klik tombol OK dan tunggu sampai proses selesai.
Sekarang, coba buka folder dimana anda menyimpan file. Di situ akan ada file gambar hasil print dari ImagePrinter tadi. Jika anda mengconvert beberapa halaman PDF, maka tiap halaman akan menjadi satu gambar.
Cukup mudah bukan? Selamat mencoba!



Home > Tips & Trik > Converter File PDF Menggunakan Software CutePDF
Converter File PDF Menggunakan Software CutePDF
Jul 11, 2011 by Fikri Under Tips & Trik - Leave a Comment  
Mungkin pada suatu hari anda ingin menyimpan file menggunakan format PDF, tetapi belum tahu bagaimana cara membuat file PDF. Apakah harus menggunakan software? Apakah harus menggunakan plugin/add-on pada Microsoft Word? Atau menggunakan cara lain dan anda sama sekali belum tahu.
Converter File PDF Menggunakan Software CutePDF
Karena hal itu, saat ini kami akan berbagi tips bagaimana cara membuat PDF menggunakan software converter file PDF menggunakan aplikasi CutePDF. Jika anda pengguna Windows 7, jangan khawatir karena CutePDF sudah support dengan sistem operasi tersebut.
Berikut ini step by step cara mengconvert file ke bentuk PDF:
  • Kunjjungi website http://www.cutepdf.com (Official web resmi dari CutePDF), dan download file CutePDF Writer pada bagian PDF Creation.
    Download aplikasi converter CutePDF
  • Setelah proses download selesai, install hasil download tadi di komputer/notebook yang menggunakan OS Windows.
  • Pada saat akhir proses install, anda akan diminta untuk download file tambahan aplikasi dari ps2pdf, ikuti saja proses ini (Ingat, PC/notebook anda harus terhubung ke internet).
    PS2PDF downloads
  • Setelah proses install selesai, aplikasi akan ecara otomatis membuka file “readme“. Abaikan saja halaman tersebut.
  • Selanjutnya, buka salah satu file yang akan di convert ke PDF. Anda bisa mencoba menggunakan program Word, Excel atau yang lain.
  • Klik File dan lanjutkan dengan klik menu Print.
    http://blog.fastncheap.com/wp-content/uploads/2011/07/print-pdf-cutepdf.png
  • Pada bagian “Name” dari printer, pilih “CutePDF Writer“.
  • Lanjutkan dengan klik tombol OK dan pilih di mana anda akan menyimpan file hasil PDF.
  • Tunggu sampai proses selesai dan coba cek di folder tempat anda menyimpan file tadi.
Selesai, sekarang file Word atau Excel tadi sudah berbentuk PDF. Anda juga bisa mengconvert file apa saja, termasuk file gambar JPG, GIF atau yang lain dengan syarat aplikasi yang digunakan mempunyai pilihan untuk mencetak (Print) ke printer.
Print file to PDF
Jika ingin menggunakan aplikasi yang sejenis, anda bisa mengunjungi halaman berjudul doPDF, Cara Cepat Convert Dokumen ke Format PDF yag merupakan bagian dari FastNCheap Blog
Selamat mencoba!













Home > Tips & Trik > Burning File Lebih Dari 2GB Ke Dalam CD, Bagaimana Bisa?
Burning File Lebih Dari 2GB Ke Dalam CD, Bagaimana Bisa?
May 28, 2011 by Fikri Under Tips & Trik - 62 Comments  
http://blog.fastncheap.com/wp-content/uploads/2011/05/split-file.jpgPada sebuah contoh kasus, ada orang ngin burning beberapa file dengan kapasitas 2 GB ke dalam kepingan CD atau DVD sedangkan di komputer yang dia gunakan hanya tersedia CD-RW yang hanya bisa digunakan untuk burning ke kepingan CD.  Masalahnya, kapasitas maksimum dari satu kepingan CD adalah 700 MB yang tentunya belum bisa menampung semua file yang akan di-burning.
Pertanyaanya adalah, bagaimana cara paling tepat agar semua file bisa diburning ke kepingan CD kosong? Berikut beberapa solusi yang bisa digunakan.
1) Memecah File Secara Manual
Cara ini adalah cara tradisional yaitu dengan cara memilih dan memecah file menjadi beberapa folder. Kumpulkan file/folder satu persatu, copy ke folder lain dan pastikan kumpulan file/folder tersebut tidak lebih dari 700 MB agar bisa diburning ke CD. Kalau file dan folder berkapasitas 2 GB berarti harus dipecah menjadi 3 bagian.
Setelah itu baru burning file tadi ke kepingan CD menggunakan CD-RW secara bergantian. Yang perlu dicatat, pada saat meng-copy-nya ke komputer lain anda harus ingat dengan struktur file agar tetap terbaca dengan baik, terutama jika file terebut adalah master program yang akan di-install.
Cara memecah file menggunakan 7Zip
Yang jadi masalah lagi adalah, bagaimana kalau file asli itu, satu file lebih dari 700 MB? Tidak mungkin kan kalau harus memecahnya menjadi beberapa bagian? Adakah solusinya?
2) Split file menggunkan apliaksi 7Zip
Bisa dibilang ini adalah cara terbaik untuk memecah file dan folder menjadi beberapa bagian. Di bawah ini langkah-langkah untuk memecah file menjadi beberapa bagian:
  • Install aplikasi 7Zip ke dalam komputer/notebook anda. Jika belum punya, kunjungi official website dari 7Zip di http://www.7-zip.org/download.html kemudian download file berbentuk EXE (Untuk mempermudah proses install).
  • Buka folder tempat dimana file ingin dipecah.
  • Klik kanan file tersebut, pilih 7Zip dan lanjutkan dengan memilih Add to archive pada bagian sub menu.
    http://blog.fastncheap.com/wp-content/uploads/2011/05/add-to-archive.png
  • Selanjutnya arahkan mouse sedikit ke bawah dan pada bagian Split to volumes pilih 700 MB CD. Sekarang lakukan proses compress dengan menekan tombol OK.
    http://blog.fastncheap.com/wp-content/uploads/2011/05/zip-cd.jpg
  • Tunggu sampai proses selesai. Anda akan melihat beberapa file hasil dari split file ZIP.
  • Kemudian, kembali ke topik utama, burning file yang berkapasitas 700 MB ke beberapa keping CD menggunakan software burning kesayangan anda.
Selesai sudah, file yang lebih dari 2 GB tadi bisa diburning ke dalam kepingan CD. Jika ingin mengcopy dan mengekstrak file di komputer lain, ikuti petunjuk di bawah ini:
  • Sama seperti sebelumnya, install aplikasi 7Zip terlebih dahulu.
  • Copy smua file dari beberapa kepingan CD tadi ke dalam folder yang sama.
    http://blog.fastncheap.com/wp-content/uploads/2011/05/extract-file.png
  • Ekstrak file menggunakan cara biasa yaitu klik kanan file ZIP pertama, pilih Extract file ke folder yang anda tentukan. Yang perlu diingat, jika anda menempatkan file pecahan pada folder yang berbeda, anda tidak akan bisa mengekstrak file dan akan mendapatkan pesan error.
    http://blog.fastncheap.com/wp-content/uploads/2011/05/error-extract-file.png
Selain untuk burning ke kepingan CD, trik ini juga bisa digunakan memecah file dengan kapasitas file untuk DVD, tinggal memilih format pada bagian Split to volumes 4480 MB DVD dan selanjutnya ikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas.
Memang benar cara ini kurang praktis jika dibandingkan dengan menggunakan Flash Disk, tetapi cara ini bisa dipakai dalam keadaan darurat dan tidak ada media lain yang bisa dipakai untuk transfer data.






Home > Tips & Trik > Cara Menggabungkan Beberapa File PDF Menjadi Satu File
Cara Menggabungkan Beberapa File PDF Menjadi Satu File
Nov 24, 2010 by Fikri Under Tips & Trik - 83 Comments  
Anda pernah punya keinginan utuk menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu file? Jika jawabannya YA maka redirect PDF merupakan software yang bisa anda gunakan untuk melakukannya.
Cara Menggabungkan Beberapa File PDF Menjadi Satu File
Selain untuk menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu file, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengencrypt file PDF yang akan meminta password ketika anda membuka file PDF.
Berikut langkah-langkah bagaimana cara menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu file saja :
  • Pertama, download aplikasi PDF Redirect dari official website-nya di http://www.exp-systems.com/PDFreDirect/Downloads.htm (Saat melakukan pengujian, kami menggunakan PDF Redirect Versi 2.50).
  • Install aplikasi yang telah anda install tadi di komputer yang anda pakai. Tampilannya mirip dengan windows explorer sehingga tidak akan menyulitkan orang yang akan menggunakannya.
  • Cari file PDF yang ingin anda gabungkan.
    Cari file PDF yang ingin anda gabungkan
  • Klik salah satu file PDF dan klik tombol + (plus) di bagian bawah nama file. Cari file lain yang ingin anda gabungkan dan lakukan hal yang sama seperti sebelumnya. Tidak ada batasan berapa banyak file yang ingin anda gabungkan.
    Menambahkan file ke daftar file yang akan digabung
  • Beri nama file hasil penggabungan pada bagian PDF Output Filename.
    Save PDF File
  • Tentukan folder dimana anda menyimpan file hasil penggabungan dengan memilih folder seperti saat pertama kali mencari file PDF.
  • Jika diperlukan, beri password pada file PDF tersebut dengan cara memberikan check box pada bagian Security, dan masukkan password dari file PDF anda.
    Insert Password to PDF File
  • Terakhir, klik tombol Save.
Selesai sudah, beberapa file PDF anda telah tergabung menjadi satu file. Jika menggunakan fasilitas Encrypt File, anda harus memasukkan password terlebih dahulu ketika akan membuka file PDF.
Masukkan password ketika anda ingin membuka file PDF
Jika salah memasukkan password, file PDF tidak akan terbuka dan anda akan diminta kembali untuk memasukkan password yang benar.
Invalid Password file PDF
Selamat mencoba dan baca tips dan trik menarik lainnya di FastNCheap Blog. Semoga berhasil! :)









Home > Tips & Trik > doPDF, Cara Cepat Convert Dokumen ke PDF
doPDF, Cara Cepat Convert Dokumen ke PDF
Aug 24, 2010 by FastNCheap Under Tips & Trik - 119 Comments  
doPDF, Cara Cepat Convert Dokumen ke PDFPada artikel kami beberapa waktu yang lalu, kami pernah membahas tentang cara membuat file PDF menggunakan PrimoPDF. Tetapi ada beberapa pengujung yang mengeluhkan, baik melalui comment blog, via email atau chat via Yahoo Messenger. Karena itu, kami coba untuk mengulang “mempraktekkan” kembali apa yang telah kami tulis pada blog.
Hasilnya memang benar, untuk beberapa versi windows, PrimoPDF tidak dapat digunakan secara maksimal dan kadang tidak bisa digunakan sama sekali. Karena itu, kami coba untuk menulis kembali bagaimana cara membuat file PDF menggunakan aplikasi lain yang menurut kami lebih power full jika digunakan dalam membuat dokumen PDF.
Aplikasi ini bernama doPDF, yang tentunya dapat di-downwload dengan gratis dan kompatibel dengan semua versi windows mulai dari Windows 7, Vista, XP, 2008/2003/2000 Server. Dan jangan lupa juga aplikasi ini juga kompatibel dengan windows 64 bit.
Berikut tutorial bagaimana cara membuat file PDF menggunakan doPDF :
  • Download aplikasinya melalui official website doPDF.
  • Install file yang telah anda download.
    doPDF, Cara Cepat Convert Dokumen ke PDF
  • Lihat prnter device pada control panel. Jika ada virtual printer dengan nama doPDF, berarti install telah sukses dilakukan.
    doPDF, Cara Cepat Convert Dokumen ke PDF
  • Coba buka salah satu dokument word, excel atau yang lain. Klik File, kemudian pilih Print. Pilih printer dengan doPDF print.
    doPDF, Cara Cepat Convert Dokumen ke PDF
  • Klik tombol OK dan pilih dimana anda akan meletakkan file PDF hasil dari doPDF.
    doPDF, Cara Cepat Convert Dokumen ke PDF
  • Lanjutkan dengan klik tombol OK dan lihat hasilnya.
Sekarang, dokumen word atau excel yang anda miliki telah tersaji dalam bentuk PDF. Anda juga bisa melakukannya pada semua dokumen dalam format apapun.
doPDF, Cara Cepat Convert Dokumen ke PDF
Kesimpulan :
Software doPDF akan membuat sebuah virtual printer yang dapat anda gunakan untuk merubah dokumen menjadi format PDF dengan cepat dan mudah. Hanya perlu memilih doPDF pada saat menge-print file dan memilih lokasi dimana anda ingin menyimpan file PDF. Silahkan mencoba dan semoga berhasil! :)









Cara Membuat File PDF
Jul 5, 2010 by Fikri Under Tips & Trik - 51 Comments  
Cara Membuat File PDFSaat ini PDF merupakan standart umum untuk membuat file e-book, sharing file dokumen dan keperluan file dokumen lainnya. Banyak software yang dapat kita gunakan untuk membuat file PDF baik itu yang free maupun yang berbayar. Salah satu software yang dapat kita gunakan untuk membuat file PDF adalah PrimoPDF.
Penggunaan aplikasi PrimoPDF sangat mudah. Anda hanya perlu mendownload software PrimoPDF dari official website PrimoPDF kemudian menginstallnya di perangkat komputer anda. PrimoPDF akan muncul di daftar device dari printer perangkat komputer yang anda pakai.
Dengan PrimoPDF, anda dapat merubah semua dokumen dari program apapun ke PDF, hanya perlu memilih PrimoPDF saat anda melakukan print/cetak.
Cara Membuat File PDF
Cara Membuat File PDF
Cara Membuat File PDF
Kesimpulannya, PrimoPDF merupakan aplikasi gratis yang dikhususkan untuk konversi file ke bentuk PDF yang akan mempermudah anda saat membuat e-book, dokumen atau untuk attachment dari sebuah email. Penggunaanya yang sangat mudah membuatnya jadi pilihan yang menarik untuk anda download.
Jika mengalami masalah saat menggunakan aplikasi ini, gunakan software lain seperti doPDF. Baca selengkapnya di artikel Cara Cepat Convert Document ke PDF menggunakan doPDF.











2 komentar:

  1. Terima kasih, sangat bermanfaat...
    Gratis... 10 iklan anda tersebar di berbgai Blog/Web, plus income,juga dapatkan kalender dinding abadi.
    www.xnge.net?id=zahron

    BalasHapus
  2. Terimakasih, artikelnya bermanfaat banget …

    Sekarang ini hampir setiap pekerjaan menuntut kita untuk menggunakan komputer dan berbagai software penunjang. Mulai dari software pengolah kata, angka, program, dan desain grafis. Bingung cara belajarnya? Kunjungi Kumpulan Tutorial Gratis berbagai konten tutorial gratis yang bisa membantu kamu

    BalasHapus